Hubungan Lemak Dengan Kesehatan Tubuh Yang Harus Kita Ketahui

Saat Anda mendengar kata “lemak” Anda mungkin sudah akan memikirkan berbagai dampak negatif dari lemak. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa lemak tidaklah “sejahat” yang Anda kira? Tergantung pada jenis lemak yang Anda konsumsi, lemak justru dapat bermanfaat bagi kesehatan dan membantu menjaga berat badan Anda tetap ideal. Di bawah ini Anda dapat melihat beberapa fakta mengenai lemak dan hubungannya dengan kesehatan Anda.

Anda Memerlukan Lemak

Berbeda dengan anggapan banyak orang, tubuh manusia juga membutuhkan lemak. Tubuh membutuhkan lemak untuk proses pertumbuhan dan perkembangan, fungsi sel, dan fungsi otak serta saraf. Lemak digunakan sebagai pembungkus sel-sel saraf untuk membantu menghantarkan sinyal. Intinya adalah Anda membutuhkan lemak untuk menjaga kesehatan kulit, cadangan energi, dan mengatur fungsi alami tubuh.

Tidak Semua Jenis Lemak Itu Sama

Walaupun lemak ternyata berguna bagi tubuh, bukan berarti Anda dapat mengkonsumsi semua jenis lemak. Perlu diketahui bahwa ada beberapa jenis lemak yang lebih baik bagi kesehatan Anda daripada lemak lainnya.

Dua jenis lemak yang baik bagi kesehatan Anda adalah lemak tidak jenuh tunggal dan lemak tidak jenuh ganda. Kedua jenis lemak ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan membantu tubuh memenuhi kebutuhannya akan lemak esensial seperti asam lemak omega 3 dan omega 6.

Lemak tidak jenuh tunggal dapat ditemukan pada berbagai jenis minyak tanaman seperti minyak wijen, minyak zaitun, minyak kacang, dan minyak canola. Lemak tidak jenuh ganda dapat ditemukan pada berbagai jenis ikan seperti salmon, mackerel, dan forel, serta pada minyak jagung dan minyak bunga matahari.

Lintasqq.com Agen Domino QQ – Bandar Judi Poker Online – Qiu Qiu Online 99 – Dewa Poker

Beberapa Lemak Tertentu Yang Harus Kita Batasi Konsumsi

Berbagai jenis lemak hewani seperti pada daging merah, kulit ayam, mentega, keju, dan susu mengandung lemak jenuh. Lemak jenuh ini dapat meningkatkan kadar kolesterol di dalam darah dan bila dikonsumsi secara berlebihan juga dapat meningkatkan resiko terjadinya gangguan jantung.

Akan tetapi, bukan berarti Anda tidak boleh mengkonsumsi lemak jenuh ini. Anda tetap boleh mengkonsumsi jenis lemak yang satu ini, tetapi hanya dalam jumlah sedang tidak boleh berlebihan. The American Heart Association menganjurkan agar setiap orang hanya mengkonsumsi sekitar 13 gram lemak jenuh setiap harinya.

Hindari Konsumsi Lemak “Jahat” Berlebihan

Salah satu jenis lemak yang harus Anda hindari adalah lemak trans. Lemak trans atau juga dikenal dengan nama partially hydrogenated oil dapat ditemukan pada sejumlah margarin, biskuit, kue, pie, dan makanan beku.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2015 menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi lebih banyak lemak trans memiliki resiko yang lebih tinggi untuk meninggal akibat gangguan jantung (sekitar 28%) atau akibat sebab apapun (34%).

Penelitian lainnya menemukan adanya hubungan antara konsumsi lemak trans berlebihan dengan strokediabetes, dan kanker.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *